Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 04 Oktober 2019

TikTok berencana untuk menguangkan bisnis periklanan di Indonesia

TikTok berencana untuk menguangkan bisnis periklanan di Indonesia
TikTok berencana untuk menguangkan bisnis periklanan di Indonesia

KORAN ONLINE - Layanan berbagi video TikTok Agen Poker berencana untuk membuka kunci potensi pendapatan iklan di Indonesia melalui bisnis konten video pendeknya.

Kepala kebijakan publik TikTok untuk Indonesia, Malaysia dan Filipina, Donny Eryastha, mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa platform belum menerima pendapatan di Indonesia karena fokusnya adalah untuk menarik lebih banyak pengguna.

"Kami berencana untuk memonetisasi platform kami melalui beberapa opsi, seperti iklan dan aplikasi asli," kata Donny, seraya menambahkan bahwa platform yang berbasis di China itu telah memperoleh pendapatan dari bisnisnya di bagian lain dunia.

TikTok, yang dikenal sebagai Douyin di Cina dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing, Bytedance, adalah aplikasi untuk membuat dan berbagi video pendek, umumnya berdurasi 15 hingga 60 detik. Video biasanya diatur ke musik, sering menampilkan seseorang menari, bernyanyi, melakukan trik atau sinkronisasi bibir.

"Kami berharap bahwa ketika seseorang membuka platform kami, mereka tidak hanya akan menemukan orang-orang menari dan bernyanyi tetapi juga mengajarkan pelajaran," kata juru bicara TikTok Indonesia Chatrine Siswoyo.

Donny mengatakan platform ini berusaha untuk menarik lebih banyak pengguna dari generasi Baby Boomer, menambahkan bahwa 70 persen penggunanya di Indonesia berkisar dari usia 15 hingga 34 saat ini.

"Sebagian besar pengguna TikTok di Indonesia berasal dari generasi muda, tetapi kami mendorong lebih banyak orang [yang lebih tua] dengan mendiversifikasi konten kami," kata Donny, menambahkan bahwa platform itu juga digunakan untuk video makanan dan perjalanan serta kampanye pemerintah.


TikTok, diluncurkan pada tahun 2017, saat ini bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan tujuan wisata di Indonesia.

"Kami telah ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata untuk menjadi mitra merek untuk proyek Wonderful Indonesia."

Selain itu, TikTok juga telah berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk mempromosikan persatuan nasional pasca pemilu 2019 dengan menyediakan stiker bertuliskan #ayobersatu (mari kita satukan) kepada pengguna.

Pengguna Indonesia biasanya menghabiskan 29 menit sehari menggunakan TikTok dan menonton lebih dari 100 video, menurut data perusahaan. Mayoritas pengguna lokal menyukai konten yang menampilkan komedi, makanan, dan perjalanan.

Secara global, TikTok adalah aplikasi ketiga yang paling banyak diunduh pada kuartal pertama tahun ini, menurut perusahaan riset pasar Sensor Tower yang berbasis di Amerika Serikat.

TikTok telah menyediakan layanannya kepada lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia, menurut Donny. Dia menolak untuk mengungkapkan jumlah pengguna Indonesia serta pertumbuhan bisnis platform.

Indonesia adalah rumah bagi sekitar 150 juta pengguna media sosial, naik 15 persen tahun-ke-tahun dari 130 juta pengguna pada 2018, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite yang diterbitkan awal tahun ini.

"[Orang Indonesia] menghabiskan rata-rata delapan jam dan 36 menit di internet [dan] tiga jam dan 26 menit menggunakan platform media sosial," kata penelitian itu, melampaui rata-rata global penggunaan internet dan media sosial.

Studi ini menemukan bahwa platform media sosial paling aktif untuk orang Indonesia didominasi oleh orang-orang seperti YouTube, Instagram dan WhatsApp. Sementara itu, TikTok adalah aplikasi keenam yang paling banyak diunduh di Indonesia tahun lalu, menurut penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman